Contoh Pengaplikasian Komponen Induktor

Contoh Pengaplikasian Komponen Induktor

Talkingparkbench –┬áDefinisi induktor adalah komponen elektronik pasif yang terdiri dari kumparan kawat yang dapat menyimpan energi dalam medan magnet yang dihasilkan oleh arus listrik yang melintasi itu. Induktor juga disebut reaktor. Induktor bekerja untuk menyimpan arus listrik dalam medan magnet, bertindak sebagai filter dalam sirkuit resonansi dan dapat mendukung arus bolak -balik (CA). Kemampuan untuk menyimpan energi listrik ini disebut nilai induktansi dari suatu induktansi.

Nilai induktansi induktansi dinyatakan dalam unit Henry. Nilai ini adalah amplitudo kapasitas induktor untuk menyimpan energi magnetik ketika arus listrik bersirkulasi. Seperti kapasitor, penginduksi juga dapat menyimpan energi listrik. Ini terjadi karena sifat magnetik induktor ketika arus listrik bersirkulasi.

Dibandingkan dengan komponen lain yang umum ditemukan, induktansi kurang dikenal dalam hal aplikasi karena induktansi cenderung pasif dalam sirkuit listrik. Namun, penginduksi selalu memiliki peran penting dalam aplikasi berikut.

1. Kendali Sinyal

Induktansi mengontrol sinyal dengan menghapus noise atau dengan hanya mengesahkan sinyal tertentu. Frekuensi sinyal adalah bagian yang harus diperhitungkan sehingga induktansi dapat bergerak secara optimal. Misalnya, dalam frekuensi tinggi, sinyal akan lebih sulit dikendalikan daripada pada frekuensi rendah.

2. Transformator (Trafo)

Beberapa induktansi dengan nilai medan magnet yang serupa dapat digabungkan untuk membentuk desain transformator. Salah satu penggunaan utama transformator adalah dalam sistem transmisi daya. Transformator bekerja untuk menurunkan atau meningkatkan transmisi daya seperti transformator penurunan atau lift.

3. Stabilizer

Dengan induktor, penstabil dapat mempertahankan arus listrik yang lebih stabil dan tidak berubah. Jika tidak ada induktor di sirkuit, ada kemungkinan besar bahwa tips terjadi dan dapat mengacaukan seluruh sistem.

4. Ferrite Beads

Jika Anda sudah melihat silinder besar di ujung kabel pengisi daya, ini disebut mutiara ferit. Induktansi adalah elemen utama dari mutiara ferit yang berfungsi untuk mengurangi frekuensi gangguan yang dihasilkan oleh kabel pengisi daya.

5. Chokes

Starter adalah komponen yang menggunakan induktansi untuk memblokir frekuensi tinggi sambil membiarkan frekuensi rendah lulus karena aliran arus kontra dalam induktor. Mekanisme ini digunakan dalam sumber makanan yang melibatkan konversi AC ke DC.

6. Filter

Induktansi sebagai komponen dari sirkuit penyaringan harus dikombinasikan dengan kapasitor. Filter ini mengatur frekuensi sinyal input yang memasuki sirkuit. Induktansi itu sendiri berfungsi sebagai filter low pass karena frekuensi pasokan dan impedansi induktansi berbanding lurus satu sama lain, oleh karena itu peningkatan satu akan menghasilkan peningkatan nilai komponen lain dan sebaliknya.

7. Sensor

Induktor dapat digunakan dalam aplikasi sensor tanpa kontak. Induktor dapat mendeteksi medan magnet atau adanya bahan yang permeabel secara magnetis dari jarak jauh. Sensor yang menggunakan penginduksi juga disebut sensor induktif.

Salah satu aplikasi sensor induktif adalah dalam proses pembuatan. Sensor induktif bekerja untuk mendeteksi keberadaan produk yang akan dirawat, misalnya, dalam pengobatan minuman kalengan di mana sensor mendeteksi keberadaan label/penandaan kaleng.

Sensor induktif memiliki batasan pada dua aspek utama. Objek yang akan dideteksi harus magnetis dan menghasilkan arus dalam sensor, dan sensor harus didukung untuk mendeteksi keberadaan bahan yang berinteraksi dengan medan magnet. Parameter ini membatasi penerapan sensor induktif dan memengaruhi desain sistem yang menggunakan sensor induktif.

8. Motor

Mesin induktif dirancang sehingga medan magnet yang berputar sama dengan input CA. Karena kecepatan rotasi dikendalikan oleh frekuensi input, mesin induktif sering digunakan dalam sistem yang membutuhkan kecepatan tetap yang dapat ditenagai langsung dari sektor 50/60 Hz. Keuntungan terbesar dari mesin induktif dibandingkan dengan konsepsi lainnya adalah bahwa kontak listrik tidak diperlukan antara rotor dan mesin, yang membuat mesin induktif lebih tahan lama dan tepat.

Referensi: https://www.kelasplc.com/